Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Muara Enim

blog post

Tim News Room Muara Enim Diskominfo

Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, SH, MM, membuka Rapat koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Muara Enim tahun 2021 di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Kamis (02/12).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan bahwa upaya pengentasan kemiskinan sesungguhnya telah banyak dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, namun tingkat kemiskinan belum menunjukkan penurunan yang signifikan, bahkan dengan adanya pandemi covid yang hingga saat ini masih mewabah, tentunya akan sangat mempengaruhi capaian angka kemiskinan serta beberapa makro lainnya di beberapa daerah tidak terlepas di Kabupaten Muara Enim dengan tingkat kemiskinan pada tahun 2020 sebesar 12,32 % atau 79.270 jiwa sedangkan kemiskinan ekstrem mencapai 4,44 % atau 28.540 jiwa.

Dalam menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo selain dilakukan dengan terkoordinasi, terintegrasi, dan tepat sasaran melalui kolaborasi intervensi, Muara Enim melakukan penanggulangan kemiskinan ekstrem dilaksanakan melalui upaya khusus berupa Multiple Interventions.

Dimana upaya Multiple Interventions dilakukan dengan pertama, yaitu mengurangi beban pengeluaran kelompok miskin dan rentan melalui berbagai program perlindungan sosial dan subsidi. Kedua, yaitu melakukan pemberdayaan dalam rangka meningkatkan produktivitas kelompok miskin dan rentan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi atau pendapatan.

Kemudian, pengentasan kemiskinan di Kabupaten Muara Enim telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018 - 2023. Namun, memperhatikan situasi dan kondisi, pada tahun 2021 ini Kabupaten Muara Enim telah melakukan revisi RPJMD terhadap beberapa indikator makro termasuk penurunan angka kemiskinan, dan saat ini draft revisi RPJMD tersebut sudah pada tahap evaluasi Gubernur Sumatera Selatan.

Selain itu, Kabupaten Muara Enim telah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Muara Enim dimana TKPK memiliki peran sangat strategis sesuai dengan kewenangan yang diaturbdalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2020.

Pj. Bupati berharap dengan peran strategis TKPK pengentasan kemiskinan di Kabupaten Muara Enim berjalan lancar, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penanggulangan kemiskinan. 

Selain itu, kepada Perangkat Daerah terkait mampu membuat program - program pemberdayaan yang terpadu dan program - program tersebut harus tepat sasaran sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat miskin, terutama dengan layanan dasar dan pemberdayaan ekonomi.

"Semoga dengan Rakor TKPK ini bisa mengoptimalkan kinerja TKPK dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Muara Enim," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Muara Enim Ir Mat Kasrun selaku Sekretaris TKPK Kabupaten Muara Enim, menyampaikan bahwa Nara Sumber kegiatan ini yaitu JFP Madya Koordinator Bidang Data dan Analisis Kemiskinan Bappenas RI, Widianto, Universitas Pendidikan Indonesia selaku Tenaga Ahli Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2021-2025, Arvian Triantoro, dan Kabid Pemerintahan Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Joni Awaludin.

Ia menambahkan Rakor TKPK Kabupaten Muara Enim bertujuan untuk melaksanakan koordinasi, pengawasan, dan pengendalian antar pelaksana Program Penanggulangan Kemiskinan dalam mensinergikan Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Muara. 

"Dan untuk menghasilkan kesamaan pemahaman/persepsi seluruh pemangku kepentingan baik di Pusat, Provinsi, dan Daerah mengenai kegiatan penanggulangan  kemiskinan beserta substansinya," urai Kepala Bappeda Muara Enim Ir Mat Kasrun.

Turut hadir pada kesempatan ini, Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim terkait, Pimpinan BUMN/BUMS, Para Camat Se-Kabupaten Muara Enim terkait, dan Ketua Lembaga / Organisasi Kemasyarakatan.

Berita Terbaru

Pembangunan Kantor Camat Muara Enim Skala Prioritas
2022-01-19 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo Asisten II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Riswandar S ......Read more...


Persamaan Persepsi Peran Pejabat Fungsional, Pemkab Muara Enim Ikuti Webinar Kemendagri
2022-01-19 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo Dalam rangka persamaan persepsi peran pejabat fungsional dalam ......Read more...


Belimbing Usulkan 90 Program Prioritas Pembangunan Dalam Musrenbangcam
2022-01-19 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Dalam rangka perencanaan pembangunan tahun 2023, Pemkab Muara ......Read more...


Pj Bupati bersama Unsur Forkopimda Kab. Muara Enim Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas Pencanangan ZI
2022-01-18 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar bersama Unsur Fo ......Read more...


6 Desa Terima Bantuan Gerakan SMP
2022-01-18 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo Dalam rangka mendukung penuh program Gubernur Sumatera Selatan ......Read more...


Peringati HUT Baznaz Ke-21, Diskominfo Kab. Muara Enim Raih Baznaz Award
2022-01-17 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten (Kab) ......Read more...


Capaian Herd Immunity, Pj. Bupati Apresiasi Teman Sejawat
2022-01-17 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo Kabupaten Muara Enim berhasil mencapai kekebalan kelompok atau ......Read more...


Rambang Niru Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan 2022
2022-01-13 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Bertempat di Halaman Kantor Camat Rambang Niru guna menampung ......Read more...


Buka Musrenbangcam Ujan Mas, ini Kata Pj Sekda Muara Enim
2022-01-12 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten (Kab.) Muara ......Read more...


Pj. Sekda Pimpin Rakor Persiapan Kegiatan APBD 2022
2022-01-12 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo Bertempat di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Penj ......Read more...